Fish

Iklan

Sugeng Rawuh Teng Blog Kulo

Rabu, 18 April 2012

Penyebab Kulit Tumit Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengobatinya

Jika kulit di tumit kaki anda mengalami pecah-pecah, maka anda harus segera mengembil langkah untuk mengobatinya. Fungsi tumit sangat penting yaitu sebagai tumpuan berat badan. Ada beberapa masalah pada tumit jika tak diperhatikan, antara lain pecah-pecah dan menebal. Tumit menebal karena tumit menjadi tumpuan untuk kita beraktivitas. Jadi, ada tekanan terus menerus. Ditambah lagi, tumit sering bergesekan dengan sepatu.

Penyebab lain tumit sering menebal dan pecah-pecah adalah karena terlalu sering memakai high heel dan terlalu sering kontak dengan air sabun dan deterjen.

Bagaimana cara manjur untuk mempertahankannya tidak pecah-pecah lagi? Sebelum terasa seperti parutan, lebih baik segera lakukan langkah darurat berikut :

1. Rendam kaki dalam air suam-suam kuku, boleh juga ditambahkan dengan melarutkan garam
2. Gosoklah perlahan dengan batu apung, atau penggosok khusus untuk tumit kaki
3. Angkat dan keringkan dengan handuk4. Usapkan krim untuk melembabkan kaki, terutama pada bagian yang pecah-pecah. Bila keadaannya sudah parah, Anda bisa menggunakan krim khusus untuk tumit pecah-pecah.
5. Kenakan kaos kaki saat tidur, agar kelembaban tetap terjaga.

Selain itu ada satu perawatan lain yang dapat dilakukan, yaitu perawatan khusus dengan bahan tradisional seperti scrub alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak. Kadar lemak alpukat lebih banyak dua kali lipat dibandingkan durian.

Lemak yang terkandung dalam alpukat ini termasuk lemak yang sehat dan dapat membantu mengurangi kekeringan pada kulit. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. “Vitamin E sangat baik untuk mengatasi kekeringan pada kulit. Tak hanya kulit wajah, tapi juga dapat mengatasi kulit yang kering seperti pada tumit kaki.

Scrubbing dengan bahan dasar alpukat ini bisa mengatasi masalah tumit yang pecah-pecah, tebal, dan kering. Butiran-butiran kasar atau scrubberguna untuk mengangkat sel kulit mati. Sedangkan kandungan vitamin E pada alpukat berguna untuk melembabkan kulit yang kering dan tumit yang pecah-pecah.

Satu hal yang juga tak kalah penting, sebaiknya hindari pemakaian sepatu dengan tumit terbuka karena bisa membuat tumit menjadi kering. Selama masa 'penyembuhan' gunakanlah dulu sepatu model tertutup, misalnya loafer, dan kenakan pula kaos kaki supaya kelembaban pada area tersebut tetap terjaga.

1 komentar:

Silahkan mengomentari artikel ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow by Email